PPTQ Al- Furqon Magelang Putri Bertauhid Sholihah Hafidzoh

Syaikh Shalih Fauzan bin Abdullah Al Fauzan hafidzahullah ditanya :

هل يُسنُّ لمن دخل مسجدًا أن يسلم؛ سواء كان فيه أحد أم لا؛ لأننا سمعنا أن من دخل المسجد لابدّ له من السلام على الملائكة‏؟‏

Apakah dianjurkan bagi orang yang masuk masjid mengucapkan salam, sama saja ada orang yang ada di masjid ataupun tidak. Karena kami mendengar bahwa orang yang masuk masjid harus mengucapkan salam kepada malaikat ?

Syaikh hafidzahullah menjawab :

داخل المسجد إذا وجد فيه أحدًا؛ فإنه يستحب له أن يسلم عليه، وإن لم يجد فيه أحدًا؛ فلا يسلم؛ لأنه لا يجد من يرد عليه السلام، ولا يجلس حتى يصلي ركعتين تحية المسجد، هذا هو المشروع في حق من دخل المسجد يريد الجلوس فيه‏.‏

Orang yang masuk masjid jika mendapati seseorang didalam masjid, maka dianjurkan baginya mengucapkan salam. Jika tidak mendapati orang didalam masjid maka hendaknya tidak mengucapkan salam. Karena dia tidak mendapati orang yang menjawab salamnya. Dan hendaknya dia tidak duduk sampai shalat dua raka’at, tahiyaul masjid. Inilah yang disyariatkan bagi orang yang masuk masjid dan ingin duduk didalamnya.

Syaikh ‘Abdul Karim Khudair ditanya, Sebagian orang ketika memasuki masjid selalu mengucapkan salam padahal ada orang-orang yang sibuk dalam ibadah, ada yang sedang shalat dan ada yang sedang baca Al Qur’an. Apakah boleh mengucapkan salam kala itu? Lalu bagaimana orang-orang yang sedang duduk tadi membalasnya?

Beliau hafizhohullah membalasnya,

Jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam disalami ketika sedang shalat, beliau membalas salam tersebut dengan memberi isyarat. Maka ini menunjukkan bahwa orang yang masuk kala itu, mengucapkan salam. Oleh karena itu, orang yang sedang baca Al Qur’an diperintahkan untuk membalasnya, begitu pula demikian yang sedang duduk. Sedangkan orang yang sedang shalat juga membalasnya dengan isyarat. (Sumber: http://www.khudheir.com/text/4086)

***

Terdapat hadits yang dikeluarkan oleh Abu Daud no. 927 dan At Tirmidzi no. 368, dari hadits ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma disebutkan,

قُلْتُ لِبِلَالٍ كَيْفَ كَانَ النَّبِيُّ -صلى الله عليه وسلم- يَرُدُّ عَلَيْهِمْ حِينَ كَانُوا يُسَلِّمُونَ عَلَيْهِ وَهُوَ فِي الصَّلَاةِ؟ قَالَ: كَانَ يُشِيرُ بِيَدِهِ

“Aku bertanya pada Bilal, bagaimanakah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab salam sedangkan saat itu beliau sedang shalat lalu disalami? Ia menjawab, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membalasnya dengan berisyarat dengan tangannya.”

Kebiasaan memberi salam pada jama’ah atau ketika masuk masjid sering kami temukan di setiap masjid di Saudi saat shalat .

semoga sedikit sajian ini dapat bermanfaat, BaarakAllahufiikum

SUMBER

https://rumaysho.com/1707-hukum-mengucapkan-salam-ketika-masuk-masjid.html

https://shahihfiqih.com/fatwa/apakah-masuk-masjid-disunnahkan-salam/

PPTQ AL FURQON MEDIA


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.