PPTQ Al- Furqon Magelang Putri Bertauhid Sholihah Hafidzoh

PROGRAM PESANTREN HIJAU 2022

Penghijauan merupakan salah satu kegiatan penting yang bisa dilaksanakan di setiap lingkungan khususnya lingkungan pesantren, karena lingkungan pesantren adalah tempat dimana asatidz dan santriwati melakukan kegiatan belajar mengajar yang membutuhkan konsentrasi.

Alhamdulillah dengan izin Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى pesantren dapat melaksanakan gerakan pesantren hijau yang dimulai dengan mengajak seluruh santriwati dan civitas pesantren untuk bersama-sama menanam berbagai macam tumbuhan. harapan kami dengan dilaksanakannya program ini dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat di lingkungan pesantren dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM. Lingkungan pesantren yang kondusif sangat di perlukan dalam menghasilkan proses belajar yang nyaman. Lingkungan pesantren yang kondusif akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan produktivitas pendidikan. Gerakan penghijauan ini juga bermanfaat bagi pembelajaran karena melatih para peserta didik untuk peduli terhadap lingkungan sekolah

Kegiatan penghijauan pesantren ini melibatkan seluruh santriwati serta civitas dalam beberapa kegiatan antara lain: menanam bibit pohon, menanam bibit tanaman obat serta sayuran, penanaman tanaman di polybag yang telah disediakan oleh sekolah, mengganti media tanaman yang sudah ada, dan mencabut rumput-rumput liar di sekitar lingkungan sekolah. Serta relokasi tanaman juga menjadi bagian agenda kegiatan penghijaun tersebut.

Pada kegiatan ini setiap santriwati diberi tanggungjawab atas bibit masing masing untuk merawat dan menjaganya selain itu, bagi santriwati yang dapat menjaga tanamannya maka akan mendapat reward dari pihak pesantren harapan kami kegiatan ini juga dapat melatih rasa tanggung jawab santriwati untuk menjaga kelestarian lingkungan baik dilingkungan sekitarnya maupun dilingkungan lainnya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.